Inilah 4 Jajanan Kekinian Berbahan Dasar Tepung Kanji

Published by agusisdiyanto on

Tepung tapioka atau yang juga disebut dengan tepung kanji ini bisa diolah menjadi berbagai makanan yang lezat. Makanan olahan tepung kanji pun saat ini telah menjadi jajanan kekinian yang sangat digemari oleh generasi milenial. Anda bisa menemukannya dengan mudah, baik di depan sekolah, di pinggir jalan, hingga di tempat perbelanjaan sekali pun.

Karakteristik tepung tapioka yang sudah diolah dan menjadi terasa kenyal ini nyatanya mampu merebut hati setiap orang penikmat kuliner. Rasa yang gurih dan bisa disantap kapan saja, menjadi makanan yang berasal dari tepung kanji masih terus eksis hingga saat ini.

Jajanan Kekinian Dari Tepung Kanji

Sebagian besar orang tentu tidak asing lagi dengan jajanan-jajanan yang berbahan tepung kanji ini. Bahkan di setiap kesempatan akan selalu menyempatkan diri untuk membelinya. Berikut adalah jajanan kekinian berbahan tepung kanji yang juga bisa Anda coba buat sendiri di rumah dengan mudah.

Cireng Salju

Jika dilihat sekilas, cireng salu ini tidak berbeda jauh dengan cireng pada umumnya. Namun, perbedaan itu akan terasa saat Anda menggigitnya. Di mana ada tekstur yang renyah di bagian luar, namun bagian dalamnya terasa lembut dan empuk. Hal inilah yang kemudian membuatnya dinamai cireng salju.

Untuk membuatnya sangatlah mudah dengan bahan yang murah dan tersedia di warung. Pastinya bahan utama adalah tepung tapioka, lalu sediakan kaldu bubuk, garam, bawang putih, daun bawang, ketumbar bubuk, dan air. Anda harus memastikan bahwa adonan biangnya menghasilkan tekstur yang tidak keras.

Cimol Ebi

Selain menggunakan daging ayam, Anda juga bisa memvariasikan cimol dengan menggunakan ebi. Untuk menghasilkan cimol ebi yang gurih dan lezat, Anda membutuhkan tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, penyedap rasa, gula pasir, kecap ikan, saus tiram, merica, bawang putih yang sudah dihaluskan, serta ebi yang Anda haluskan untuk dicampurkan ke adonan.

Cilok Daging Sapi

Makanan olahan tepung kanji selanjutnya adalah cilok. Bagi Anda penikmat daging sapi, tidak ada salahnya jika daging sapi diolah menjadi cilok yang dijamin membuat Anda ketagihan. Bahan utama yang Anda butuhkan selain daging sapi adalah tepung tapioka.

Pastikan daging sapi sudah digiling terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan tepung tapioka, bawang putih, telur, merica bubuk, kaldu bubuk, dan jangan lupa memberi es batu agar bisa menghasilkan cilok yang lezat. 

Batagor Ayam

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan yang satu ini. Hampir di setiap sekolah pasti ada abang-abang dengan gerobaknya yang menjajakan batagor. Namun, di rumah Anda bisa membuat sendiri batagor dengan daging ayam yang lezat dan tentunya tepung tapioka sebagai bahan utama. 

Anda bisa menyiram batagor dengan kuah kacang yang sudah diberi cabai rawit dan irisan timun kecil-kecil akan membuat rasa batagor ayam semakin nendang.

Jadi, jajanan mana yang menjadi favorit Anda? Makanan olahan tepung kanji tersebut selain lezat, juga sudah pasti hemat di kantong.