Aneka Kue Kering Dari Tepung Kanji Yang Super Irit

Published by agusisdiyanto on

Bagi ibu-ibu yang hobi membuat kue kering, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat aneka kue dari tepung kanji. Meski dana Anda terbatas, hal ini tidak akan menjadi masalah karena kue-kue kering berbahan tepung kanji ini dijamin irit. Selama ini tepung kanji atau tepung tapioka banyak dibuat menjadi kue-kue basah dengan karakteristik tepung kanji yang kenyal.

Namun sekarang tepung kanji ini akan diubah menjadi kue-kue kering yang bisa Anda letakkan di toples dan disajikan di ruang tamu untuk menyuguhkan para tamu Anda. Pastinya dengan membuat kue kering akan bisa bertahan lama dan cocok sekali untuk menemani minum teh Anda saat pagi maupun sore hari.

Ragam Kue Kering Berbahan Tepung Kanji

Bagi Anda yang penasaran ada kue kering apa saja yang bisa dibuat dari tepung kanji, berikut adalah rekomendasinya untuk Anda.

Kukis Kanji

Ini adalah kudapan kue kering berbahan paling simpel hanya berupa tepung kanji, susu kental manis, dan margarin. Anda hanya perlu menyangrai tepung kanji dengan lembaran daun pandan sekitar 10 menit sampai ringan dan daun pandannya kering.

Campurkan semua bahan menjadi adonan dan cetak sesuai dengan selera Anda. Susun di loyang yang sudah diolesi margarin agar tidak lengket, kemudian oven sampai matang selama 15 menit. 

Semprit Kanji

Kue kering berbahan tepung kanji selanjutnya adalah Semprit Kanji. Anda hanya membutuhkan tepung kanji, margarin, dan susu kental manis atau bisa juga dengan rasa coklat.

Mencampurkan margarin dan susu kental manis di dalam wadah serta berikan tepung kanji dan uleni sampai rata. Kemudian cetak adonan dengan bentuk sesuka hati atau dengan spuit dan panggang sekitar 20 menit. Jangan lupa setiap 10 menit dicek agar tidak gosong.

Widaran Kanji Gurih

Aneka kue dari tepung kanji ada Widaran Kanji Gurih yang bisa menjadi camilan andalan Anda saat sedang santai di rumah. Bahannya sangat simple hanya berupa tepung kanji, telur, bawang putih, dan bubuk kaldu untuk berikan rasa gurihnya. 

Semua bahan dicampurkan dengan bawang putih yang sudah dihaluskan kemudian aduk sampai rata dan tidak lengket lagi. Kemudian Anda bisa menggorengnya dengan memasukkan adonan yang dibentuk memanjang.

Telur Gabus Ketan Kanji

Jika Anda ingin menyediakan camilan sehat dan lezat untuk anak-anak di rumah, maka Telur Gabus Ketan Kanji ini bisa Anda coba buat sendiri. Bahannya bisa Anda beli di warung yang berupa tepung kanji, tepung ketan, keju, mentega, garam, dan telur.

Mixer telur, garam, mentega, dan keju sampai lembut. Lalu campurkan tepung kanji dan tepung ketan di wadah sendiri dan aduk sampai kalis. Kemudian pelintir semua adonan dan goreng hingga kecoklatan. Anda bisa membuat banyak untuk stok camilan di rumah.

Jadi, bagi Anda yang ingin menyediakan camilan olahan sendiri di rumah yang mudah dan irit, maka aneka kue dari tepung kanji tersebut bisa Anda coba. Dijamin tidak butuh waktu lama untuk bisa menghabiskannya.