Tips Memilih Singkong Yang Berkualitas Untuk Hasil Olahan Yang Sempurna

Published by agusisdiyanto on

Singkong memiliki jenis yang berbeda-beda. Sudah sepatutnya untuk memilih singkong yang berkualitas jika akan diolah menjadi makanan maupun untuk cara membuat tepung tapioka dari singkong. Karena diketahui bahwa ada jenis singkong yang memiliki racun. Sehingga jika salah dalam memilih singkong, maka hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan. 

Bahkan jika pemilihan singkong tidaklah baik, maka saat diolah menjadi sebuah makanan akan memberikan tekstur yang keras dan tidak bisa mengembang dengan baik. Oleh karena itu, demi mendapatkan hasil olahan singkong yang baik, maka diperlukan singkong yang berkualitas.

Tips Memilih Singkong Berkualitas

Untuk mendapatkan singkong dalam kondisi yang bagus, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih singkong yang berkualitas.

Kulit Luar Yang Mengelupas

Pastikan saat Anda hendak membeli singkong, maka pilihlah kulit luar yang mengelupas, sehingga Anda bisa melihat warna dari kulit arinya. Jika Anda ketahui warnanya adalah merah muda, hal tersebut menandakan bahwa singkong tersebut memiliki kualitas bagus.

Tetapi perlu untuk diketahui bahwa singkong sendiri ada banyak jenisnya. Sehingga bukan berarti bahwa singkong dengan kulit ari berwarna putih maupun kuning adalah tidak berkualitas.

Mengupas Sedikit Kulit Singkong

Saat memilih singkong, maka cobalah untuk mengupas sedikit bagian kulit singkong dengan kuku. Jika Anda ketahui warnanya kekuningan, biasanya singkong tersebut lebih bagus daripada yang putih. 

Lalu bisa juga dengan mematahkan bagian ujung singkong. Jika Anda menjumpai warna yang kebiruan atau hitam, maka hal tersebut menandakan bahwa singkong sudah disimpan dalam waktu lama. Anda harus segera mencari singkong yang masih segar untuk melakukan cara membuat tepung tapioka dari singkong.

Masih Ada Tanah Yang Menempel

Jika Anda melihat di permukaan singkong masih ada tanah yang menempel atau kondisi tanah masih basah, hal ini menandakan bahwa singkong tersebut masih sangat fresh. Singkong seperti inilah yang ideal untuk Anda olah, bahkan bisa menjadi karakteristik tepung tapioka yang bagus dengan cita rasa yang baik.

Singkong Tidak Keras Saat Dipotong

Jika Anda ingin memastikan kualitas singkong yang baik, maka saat memotongnya tidak akan terasa keras dengan kondisinya yang lembab dan berwarna putih secara merata. 

Namun, jika di dalam Anda temukan lingkaran berwarna hitam dan bertekstur keras, maka menandakan bahwa singkong sudah terlalu tua dan saat diolah menjadi makanan akan terasa alot.

Dengan demikian, jika Anda ingin mengolah makanan yang berbahan baku singkong atau untuk cara membuat tepung tapioka dari singkong, maka pastikan untuk memilih singkong yang berkualitas baik. Di mana singkong dalam kondisi yang fresh atau belum lama dicabut dari pohonnya. Sehingga hasil olahannya pun tidak akan mengecewakan Anda.