'

Hilangkan Racun Pada Daun Ketela Pohon

Oct 8, 2011   //   by   //   Artikel Indonesia, Cassava, Ketela, Singkong  //  1 Comment
Kandungan protein daun singkong ternyata sangat tinggi. Jauh berbeda dengan kandungan protein ketelanya atau tapioka atau onggoknya.  Secara umum, dalam berat yang sama dengan berat telur, berat protein (nabati) yang dikandung daun singkong lebih kurang sama dengan yang dikandung telur. Hasilpenelitian terhadap 150 jenis ketela pohon yang diteliti, jenis-jenis ketela yang kandungan protein dalam daunnya tergolong paling rendah, pun masih mengandung lebih dari 60% macam asam amino esensial. Namun, daun ketela pohon ternyata juga mengandung racun, yang dalam jumlah besar cukup berbahaya. Racun ketela yang selama ini telah kita kenal baik adalah sianida, yang bila mengkonsumsi pada jumlah besar akan mengakibatkan kepala pening-pening, mual, perut terasa perih, badan gemetar, bahkan pingsan. Namun keberadaan zat kimia ini pada jumlah yang membahayakan hanya terdapat pada ketela-ketela yang memang termasuk ketela berracun saja.

 

Jenis racun yang selalu ada dalam daun semua jenis ketelah adalah linamarin. Racun ini paling banyak terdapat di kulit ketela, kemudian di kulit batang, dan terakhir di daun. Untungnya, kulit ketela dan batang belum `lumrah’ dikonsumsi masyarakat kita. Dalam tubuh, racun ini mengikat lemak, baik yang ada dalam darah meupun dalam daging.
Cara paling aman memasak daun ketela pohon adalah dengan meremas-remas atau memotong-motong daun ketela sebelum dimasak, biarkan selama 5 – 10 menit agar agak layu, lalu direbus dan tambahkan minyak kelapa, bawang putih, ikan, daging, atau telur seberat satu per dua puluh sampai satu per tiga puluh berat daun ketela yang dimasak. Dengan cara tersebut bukan hannya menghilangkan racun, tetapi akan menambah nutrisi juga.

Semoga bermanfaat.

sumber : http://neocassava.blogspot.com




Related posts

coded by nessus

1 Comment

  • I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come further formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

Leave a comment

ej8vrUyxH6G8xZr4fume7AWjyFGXyNK9x6POCYAQ7qk