Tepung Tapioka Memiliki Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Dan Mampu Melezatkan Makanan

Published by agusisdiyanto on

Tepung tapioka adalah salah satu jenis tepung yang berasal dari singkong atau ubi kayu. Biasanya tepung ini juga disebut dengan tepung kanji. Jika Anda menyediakan dua jenis tepung berung tepung tapioka dan tepung terigu, kemudian Anda sentuh, maka Anda akan merasakan bahwa tekstur tepung tapioka lebih lembut dari tepung terigu. Teksturnya terasa licin saat menyentuh tangan dan warnanya putih seperti susu.

Olahan tepung kanji sangatlah beragam, mulai dari masakan untuk lauk lauk hingga kue. Biasanya di dalam masakan seperti capcay, agar kuahnya sedikit kental maka diberi tepung tapioka yang sudah diencerkan terlebih dahulu dengan menggunakan air. Namun, tepung tapioka yang diberikan sangatlah sedikit.

Cara Membuat Tepung Tapioka

Tepung tapioka sebenarnya banyak Anda temukan di warung-warung maupun minimarket dan supermarket dalam bentuk yang sudah dikemas rapi. Namun, jika Anda memiliki singkong dan ingin membuatnya sendiri di rumah juga bisa Anda lakukan. Berikut adalah alat dan bahan yang Anda perlukan serta langkah-langkah pembuatannya.

Alat Dan Bahan

  1. Ubi Kayu yang masih fresh dan sudah tua
  2. Baskom maupun panci
  3. Penyawut atau Alat pemarut, baik yang tradisional maupun yang modern
  4. Alat penepung
  5. Alat pengepres
  6. Oven

Cara Pembuatan

  1. Sebagai langkah awal membuat tepung tapioka terbuat dari ubi kayu, ubi kayu yang masih fresh dan sudah tua Anda kupas lalu dicuci sampai bersih dengan air yang bersih.
  2. Kemudian rendamlah ubi kayu yang sudah dicuci selama satu malam di dalam baskom maupun panci.
  3. Setelah itu, parutlah ubi kayu dengan menggunakan alat yang Anda miliki, baik berupa parutan tradisional yang secara manual, maupun alat pemarut modern dengan menggunakan mesin.
  4. Selanjutnya, ubi kayu yang sudah diparut dan dalam kondisi yang masih basah harus Anda press dengan menggunakan alat pengepress sampai airnya keluar dan kadar airnya maksimum adalah 14%. 
  5. Lalu Anda harus mengeringkan ubi kayu yang sudah diparut dan dipress tersebut dengan menggunakan oven yang bersuhu 50o C selama 10 hingga 14 jam. Namun, jika Anda tidak memiliki oven, maka bisa menjemurnya di bawah sinar matahari selama 5 jam per harinya. Anda harusnya menjemurnya selama 3 hari.
  6. Setelah kering, barulah Anda bisa menggiling parutan ubi kayu yang sudah kering tersebut dengan menggunakan alat penepung secara dua tahapan, yakni 20 mesh dan 80 mesh. Lalu tepung tapioka dan tepung kanji yang sama saja ini sudah bisa Anda olah menjadi makanan.

Manfaat Tepung Tapioka Untuk Kesehatan

Jika Anda sudah mengetahui apa itu tepung tapioka, maka kini saatnya Anda mengetahui manfaat dari tepung singkong ini untuk kesehatan Anda.

Bisa Menyehatkan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki keluhan pencernaan, seperti sembelit, nyeri usus, perut kembung, dan kanker usus, maka tepung tapioka atau tepung kanji ini bisa Anda manfaatkan.

Hal ini karena di dalam nya mengandung serta yang cukup tinggi. Di mana serat tersebut mampu bekerja secara efisien untuk menyehatkan pencernaan Anda.

Mampu Menjaga Tekanan Darah

Manfaat tepung kanji selanjutnya adalah bisa menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium di dalam tepung kanji yang bisa menjaga tekanan darah Anda agar tetap dalam kondisi yang normal. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki keluhan darah tinggi maupun darah rendah, maka tepung kanji ini bisa menjadi solusinya.

Menutrisi Tulang

Tepung tapioka adalah tepung yang banyak mengandung zat besi, kalsium, serta vitamin K yang sangat baik untuk kesehatan tulang Anda. Oleh karena itu, tepung ini sangat baik untuk membantu Anda dalam memadatkan tulang. Terutama untuk mencegah dari penyakit osteoporosis.

Mengobati Maag

Tidak sedikit orang yang mengeluhkan penyakit maag ini akibat dari pola makan yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi karena di zaman modern ini mobilitas masyarakat semakin padat. Sehingga pola makan menjadi tidak teratur. 

Penyakit ini menimbulkan rasa nyeri dan jika dibiarkan akan menjadi kronis. Untuk mengatasi penyakit tersebut, maka Anda bisa mengkonsumsi tepung kanji. Fungsi tepung tapioka dalam hal ini mampu untuk menebalkan lapisan lambung secara alami.

Menambah Berat Badan

Bagi Anda yang memiliki berat badan kurang, maka akan lebih baik untuk mengkonsumsi tepung tapioka. Hal ini karena kandungan karbohidrat di dalam tepung tapioka yang ampuh untuk menaikkan berat badan Anda. 

Kegunaan Tepung Tapioka Pada Masakan

Sekarang Anda sudah mengetahui apa itu tepung kanji yang terbuat dari ubi kayu atau singkong. Tepung ini memiliki banyak kegunaan dalam setiap masakan yang Anda olah. 

Tidak hanya membuat lezat makanan, tetapi juga memberikan tekstur yang sesuai dengan harapan Anda di dalam masakan tersebut. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari tepung tapioka untuk masakan yang perlu Anda ketahui.

Memberikan Tekstur Yang Kenyal Pada Makanan

Jika Anda membuat cilok, cimol, aci, bakso, maupun geblek yang merupakan makanan khas dari Kulonprogo Yogyakarta, maka tekstur kenyalnya berasal dari tepung kanji ini. Itu semua adalah jajanan yang sangat digemari oleh sebagian besar anak-anak.

Bahkan tepung tapioka menjadi peranan yang sangat penting di dalam makanan tersebut. Anda juga bisa membuat olahan kue dari tepung kanji yang bisa membuatnya bertekstur kenyal.

Membuat Renyah Gorengan

Para pecinta gorengan, tentu akan semakin dibuat ketagihan karena tekstur renyahnya. Hal ini tidak terlepas dari peran tepung kanji. Jadi, untuk membuat gorengan tidak hanya menggunakan tepung terigu saja, tetapi juga membutuhkan tepung kanji dengan takaran tertentu untuk memberikan sensasi krispi.

Namun, pastikan bahwa takarannya tepat dalam membuat makanan dari tepung kanji ini. Karena jika terlalu banyak memberikan tepung kanji, maka gorengan akan menjadi keras. 

Memberikan Tekstur Kental Pada Kuah

Selain makanan dari aci, tepung kanji juga berguna untuk makanan-makanan yang berkuah. Seperti halnya cap cay, sup, tumis, maupun hidangan seafood. Kuah kental yang disiramkan dan tampak menggiurkan serta semakin lezat ketika sudah bercampur dengan bumbu-bumbu khas, hal ini karena adanya tepung kanji yang diberikan.

Jika Anda mengencerkan sedikit tepung tapioka dengan air dan kemudian mencampurkannya ke dalam masakan berkuah tersebut, maka akan mampu untuk mengentalkan air ketika sudah matang. Tepung ini pun bisa menjadi pengganti tepung maizena dari jagung yang juga bisa mengentalkan makanan berkuah.

Dengan mengetahui apa saja manfaat dari tepung kanji ini yang tidak hanya berguna untuk makanan tetapi juga untuk kesehatan, maka jika Anda mengalami keluhan-keluhan tersebut bisa segera membeli tepung kanji. Karena hampir setiap warung dan supermarket menjualnya dengan harga yang terjangkau. Tepung tapioka adalah tepung singkong yang mampu menyehatkan tubuh dan juga melezatkan hidangan Anda.