'

Sukhoi: Mungkinkah Reputasi Penerbangan Rusia bisa Bertahan

May 17, 2012   //   by   //   Artikel Indonesia  //  No Comments

Sukhoi Superjet 100 , menjadi menarik di bahas karena merupakan pesawat sipil pertama buatan Rusia sejak kejatuhan Uni Soviet . Sebagai produk perdana pastilah banyak yang diharapkan Produsen sukhoi SJ 100 sebagai “sample product” untuk memikat calon pembeli. Bahkan  Sukhoi SJ 100 diklaim  pembuatnya sebagai pesawat tercanggih. Pesawat ini dibangun dengan mengadaptasi kecanggihan  teknologi  milik Boeing dan Finmeccanica serta dilengkapi dengan mesin dari perusahaan penerbangan Prancis Thales. Sebuah jaminan reputasi pesawat yang akan dibangun.  Tapi, semua rencana pasti selalu ada “RENCANA” yang lebih besar. Bayangkan seandainya hal ini terjadi pada produk makanan atau bahan makanan seperti tepung tapioka yang bermasalah bagaimana calon pembeli ?

Sukhoi SJ 100 ternyata telah dipesan sebanyak 170 unit oleh sejumlah maskapai penerbangan di sejumlah negara. Termasuk maskapai penerbangan Indonesia yang telah memesan sebanyak 42 unit.

Pasar penerbangan saat ini dikuasai oleh pesawat berbadan sempit, seperti Airbus 320, yang telah dipesan ribuan unit. Tapi tak banyak yang ingat, bahwa saat awal peluncurannya tahun 1988, pesawat ini jatuh saat demo flight dihadapan kamera televisi yang meliput, dan menewaskan beberapa orang. Namun kecelakaan itu tak mencegah pesawat ini sukses di pasaran,” kata Oleg Penteleyev, pakar penerbangan Rusia. Demikianlah pakar penerbangan rusia ini beralasan. Dan demikian juga seharusnya komentar seorang warga negara dalam mengementari produk negaranya. Sudahkah para pakar di negeri Indonesia ini melakukan yang demikian.

Jatuhnya pesawat ini ketika sedang melakukan penerbangan promosi di Indonesia sepertinya akan berdampak buruk terhadap industri penerbangan Rusia. Namun, Panteleyev menampik tudingan kecelakaan ini akan langsung menjatuhkan nama Rusia di dunia penerbangan. Pasalnya, kecelakaan semacam ini dapat saja terjadi pada jenis pesawat mana pun bahkan dengan jenis pesawat yang paling sukses sekalipun.

Leave a comment

ej8vrUyxH6G8xZr4fume7AWjyFGXyNK9x6POCYAQ7qk