'

Beras dari Singkong

Jan 8, 2012   //   by   //   Cassava, Singkong  //  No Comments

Semoga ini menjadi kabar gembira bagi rakyat Indonesia. Kebahagiaan karena kreatifitas anak bangsa dalam diversifikasi bahan makanan. Singkong bukan hanya sebagai bahan baku tapioka tapi juga sebagai bahan lainnya. Dan bukan sebagai solusi dalam “keterpurukan” dunia pertanian khususnya beras yang pernah membanggakan  Indonesia sebagai Lumbung Padi Dunia. Dengan kata-kata harum “SWASEMBADA BERAS”.  Bangga rasanya jadi anak Indonesia.

Keluar dari berbagai kemungkinan penyebab ide kreatif mengganti beras dg “singkong beras” telah di rencanakan oleh sodara kita di kalimantan barat. Mungkin bukan latah. Diduga Kalbar yang tergantung pasok beras dari luar, 2012 ini coba diversifikasi beras analog berbahan singkong alias ubi kayu seperti Jawa Barat.

“Jadi inovasinya tahun ini akan dibuat beras tiruan yang berbahan dasar singkong yang banyak terdapat di Kalimantan Barat,” ungkap Mochamad Budi Setiawan, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kalbar, Rabu (4/1).

Hanya saja, menurut Budi beras analog dari ubi itu belum jadi karena pihaknya sedang mempelajari tata cara pengolahan singkong hingga menjadi butiran mirip beras tersebut.

“Sebagai pendukung pengolahan singkong jadi beras tiruan itu, nantinya akan dilengkapi dengan alat khusus pengolah potongan singkong menjadi tepung hingga menjadi butiran beras,” ujarnya.

Selain singkong, penerapan diversifikasi pangan di Kalbar juga memanfaatkan talas alias keladi dan aneka umbi-umbian hingga kacang-kacangan. Prinsipnya, mengedepankan makanan yang mengandung 3B yakni beragam, bergizi, dan berimbang, serta aman.

Budi juga mengandalkan prestasi yang pernah diraih Kalbar yakni juara kedua pada lomba cipta menu 3B di Gorontalo pada 20-23 Oktober 2011 lalu dalam rangkaian peringatan hari Pangan Sedunia ke-31.

“Hal ini dilakukan pula sebagai bentuk dukungan pada diversifikasi pangan, untuk menuju penurunan konsumsi beras hingga 1 persen hingga 2015 mendatang,” pungkas Budi.




Related posts

coded by nessus

Leave a comment

ej8vrUyxH6G8xZr4fume7AWjyFGXyNK9x6POCYAQ7qk